Ranking Pasport Naik, Warga Brunei Bebas Visa ke 98 Negara

Forumterkininews.id, Bandar Seri Begawan- Paspor BruneiDarussalam kini menempati peringkat ke-14 dalam hal mobilitas dan kebebasan dari pembatasan perjalanan. Peringkat ini berdasarkan Indeks Paspor terbaru mengenai  peringkat global oleh firma penasihat keuangan kewarganegaraan yang berbasis di Montreal, Arton Capital, dengan skor mobilitas 154.

Melansir The Star, Jumat (16/12), skor paspor Brunei naik 30 poin dibandingkan tahun lalu. Sehingga warga Brunei dapat melakukan perjalanan bebas visa ke 98 negara tetapi memerlukan visa dari 44 negara.

Saat ini,  paspor terkuat di dunia masih dipegang Uni Emirat Arab dengan bebas masuk ke 121 negara tanpa visa dan mendapatkan visa on arrival di 59 negara bagian.

Paspor Korea Selatan menempati urutan kedua di samping Jerman, Swedia, Finlandia, Luksemburg, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda, Austria, dan Swiss. Amerika Serikat berada di tempat ketiga bersama Denmark, Belgia, Portugal, Norwegia, Polandia, Irlandia, dan Selandia Baru.

Pemeringkatan dilakukan berdasarkan jumlah tujuan yang dapat dikunjungi oleh pemegang paspor tanpa visa yang diatur sebelumnya.

Arton Capital mencantumkan 199 paspor termasuk 193 negara anggota PBB dan enam wilayah seperti Kosovo dan Wilayah Palestina.

Menurut Arton Capital, data didasarkan pada informasi resmi yang diberikan pemerintah. Kemudian diperbarui secara real-time dengan intelijen yang diperoleh melalui crowdsourcing dan ditingkatkan dengan penelitian hak milik dari sumber yang sangat kredibel.

Dalam survei tahun lalu, paspor Brunei adalah pemenang terbesar yang  naik 94 peringkat ke urutan ke-22.

Artikel Terkait