Ratusan Orang Tewas Usai Gempa Bumi Guncang China Barat Laut

FTNews, Beijing- Setidaknya 116 orang tewas ketika gempa bumi meruntuhkan bangunan di China barat laut pada Senin, (18/12) tengah malam.

Gempa tersebut, yang tercatat berkekuatan 5,9 skala Richter oleh Survei Geologi AS, terjadi di Gansu dekat perbatasan dengan Qinghai, tempat Haidong berada.

Pusat gempa berada sekitar 100 km barat daya ibu kota provinsi Gansu, Lanzhou.

Melansir Xinhua via CNA, 105 orang tewas dan hampir 400 orang juga terluka di provinsi Gansu, kata pejabat setempat, setelah gempa kuat dan dangkal mengguncang wilayah itu.

11 orang lainnya tewas dan 100 lainnya luka-luka di kota Haidong di provinsi tetangga Qinghai.

Gempa tersebut merobohkan rumah-rumah dan menyebabkan kerusakan besar lainnya, menyebabkan orang-orang berlarian ke jalan untuk menyelamatkan diri.

“Saya ketakutan setengah mati. Lihat tangan dan kaki saya gemetar,” kata seorang wanita berusia sekitar 30 tahun dalam sebuah video yang diposting ke akun media sosial surat kabar People’s Daily milik pemerintah.

“Saat aku berlari keluar rumah, tanah di gunung itu ambruk, atapnya bergemuruh,” katanya sambil duduk terbungkus selimut di luar sambil menggendong bayi.

Rekaman lain dari CCTV juga menunjukkan harta benda para warga terlihat di antara batu-batu yang berserakan dari sebuah rumah yang ambruk saat gempa.

Upaya penyelamatan

Presiden China Xi Jinping menyerukan penyelamatan segera pada Selasa, (19/12) pagi.

Ia menyebut suhu berada di bawah titik beku di daerah dataran tinggi, dan tim penyelamat harus waspada terhadap bencana susulan.

Selain itu, pasokan listrik dan air terganggu di beberapa desa di sekitar pusat gempa.

Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dan personel penyelamat telah dikirim ke zona bencana, sementara 1.600 lainnya masih siaga.

BACA JUGA:   Gagal Luncur, Satelit Korut Nyebur ke Laut

Sebagai informasi, gempa bumi bukan hal yang jarang terjadi di China. Pada bulan Agustus, gempa dangkal berkekuatan 5,4 skala Richter melanda China timur, melukai 23 orang dan meruntuhkan puluhan bangunan.

Pada September 2022, gempa berkekuatan 6,6 skala Richter melanda provinsi Sichuan dan menyebabkan hampir 100 orang tewas.

Gempa berkekuatan 7,9 pada tahun 2008 menyebabkan lebih dari 87.000 orang tewas atau hilang, termasuk 5.335 siswa sekolah.

Artikel Terkait