Ratusan Warga Filipina Tewas Dihantam Badai Tropis Megi

Forumterkininews.id, Korban tewas akibat badai tropis Megi yang melanda Filipina akhir pekan lalu naik menjadi 121, termasuk 81 korban yang tertimbun tanah longsor di kota Filipina tengah.

Pihak berwenang mengatakan,  korban tewas termasuk 118 di Filipina tengah dan tiga di Filipina selatan. Daerah yang mengalami banjir dan tanah longsor besar yang dipicu badai tropis Megi.

Namun, Dewan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional melaporkan hanya 76 kematian dan 29 hilang sejauh ini. Badan tersebut, yang menyaring laporan dari provinsi yang terkena bencana, mengatakan sedang memverifikasi jumlah korban.

“Total 113 orang tewas akibat tanah longsor dan banjir di wilayah tersebut,” ujar Kolonel Polisi Ma Bella Rentuaya, Kamis (14/4) dikutip Xinhua.

Rentuaya yang merupakan juru bicara kepolisian nasional di wilayah Visayas Timur mengatakan 81 tewas dalam tanah longsor di Baybay City. Kemudian 31 orang tewas di kota Abuyog di provinsi Leyte. Dan satu di provinsi Samar. Selanjutnya ada lima orang masih dinyatakan hilang dan sedikitnya 236 terluka dalam badai.

Badai Megi, yang melanda daratan Filipina minggu lalu, merupakan badai tropis pertama tahun ini yang melanda negara Asia Tenggara itu. Filipina sendiri sedikitnya dihantam badai sekitar 20 setiap tahun. Kepulauan Filipina terletak di sabuk topan Pasifik, menjadikannya salah satu negara paling rawan bencana di dunia.

Artikel Terkait