Resmi! Negara Uni Eropa Hapus Aturan Covid-19 Bagi Turis China

Forumterkininews.id, Brussels- Negara-negara Uni Eropa (UE) telah sepakat untuk menghapus pembatasan Covid-19 pada pelancong dari China yang diberlakukan untuk mencegah kemungkinan varian virus corona baru setelah pembukaan kembali China memicu lonjakan infeksi di sana.

“Pakar kesehatan dari 27 anggota UE sepakat pada pertemuan hari Kamis (16/2) bahwa mereka akan mengakhiri persyaratan tes Covid pra-keberangkatan negatif pada akhir Februari,” kata kepresidenan Swedia di UE, dikutip Reuters.

Mereka juga akan menghentikan pengujian acak terhadap pelancong dari China pada pertengahan Maret.

Langkah tersebut juga disetujui oleh anggota non-UE dari zona perjalanan bebas Schengen – Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss.

Negara-negara tersebut menyetujui tes pra-kedatangan dan pemeriksaan acak pasca-kedatangan pada 4 Januari, menjelang pelonggaran pembatasan perjalanan China pada 8 Januari, salah satu sisa terakhir dari rezim pembatasan Covid yang paling ketat di dunia.

Langkah-langkah tersebut hanya berfungsi sebagai rekomendasi untuk anggota UE.

Beberapa negara, seperti Prancis dan Italia, memberlakukan tes Covid wajib dan pengurutan virus untuk penumpang yang datang dari China, meski Italia melonggarkan kontrolnya pada akhir Januari.

Artikel Terkait