Respon Kunjungan Kedua AS ke Taiwan, China Kembali Gelar Latihan

Forumterkininews.id – China kembali menggelar latihan militer di sekitar Taiwan. Hal itu merupakan reaksi dari Partai Komunis China terhadap kedatangan delegasi kedua politisi Amerika Serikat di pulau separatis itu.

Sebelumnya, kelompok beranggotakan lima orang yang dipimpin oleh anggota Komite Hubungan Luar Negeri, Senator Ed Markey bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada hari Senin untuk membahas stabilitas regional dan hubungan perdagangan dalam sebuah langkah yang telah membuat marah Beijing.

Kolonel Senior Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China. Dia mengecam kunjungan kedua AS ke Taiwan dalam beberapa minggu dan menyatakan itu “melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China”.

Kolonel Wu kemudian mengumumkan Komando Teater Timur PLA – yang mengorganisir patroli dan latihan di daerah sekitar Taiwan – akan melakukan lebih banyak latihan di sekitar pulau sebagai tanggapan.

“Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China telah menyelenggarakan patroli keamanan kesiapan tempur bersama dan latihan tempur yang melibatkan pasukan dari berbagai layanan dan senjata di perairan dan wilayah udara di sekitar Pulau Taiwan,” katanya, dilaporkan Sky News.

“Yang mewakili serangan balik yang kuat dan pencegahan serius terhadap kolusi dan provokasi AS dan otoritas Taiwan.”

Kolonel Wu menambahkan bahwa “skema dan perilaku apa pun” yang menentang proses penyatuan kembali China dengan Taiwan “pasti akan berakhir dengan kegagalan” dan memperingatkan AS agar tidak ikut campur.

“PLA China melanjutkan pelatihan militer untuk kesiapan perang untuk secara tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial China dan dengan tegas menghancurkan segala bentuk skema separatis ‘kemerdekaan Taiwan’ dan upaya campur tangan oleh kekuatan eksternal,” lanjutnya.

Artikel Terkait