Rishi Sunak vs Liz Truss: Siapa Bakal Jadi PM Inggris yang Baru?

Forumterkininews.id, London- Mantan menteri keuangan Rishi Sunak dan menteri luar negeri Liz Truss akan bertarung habis-habisan untuk menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya. Setelah memenangkan suara anggota parlemen terakhir, mereka menyiapkan tahap terakhir kontes untuk menggantikan Boris Johnson.

Melansir CNA, sejauh ini Sunak telah memimpin dalam semua putaran pemungutan suara di antara anggota parlemen Konservatif. Tetapi, Truss tampaknya telah memperoleh keuntungan sejauh ini di antara 200.000 anggota partai yang memerintah yang pada akhirnya akan memilih pemenangnya.

Pertarungan terakhir dari kontes selama berminggu-minggu akan mengadu Sunak, mantan bankir Goldman Sachs yang telah menaikkan beban pajak ke level tertinggi sejak 1950-an, melawan Truss,  yang telah berjanji untuk memotong pajak dan peraturan.

Siapa pun yang menang saat hasil diumumkan pada 5 September akan mewarisi beberapa kondisi paling sulit di Inggris dalam beberapa dekade. Inflasi akan mencapai 11 persen setiap tahun, pertumbuhan terhenti, aksi industri meningkat dan pound mendekati posisi terendah bersejarah terhadap dolar.

Awalnya, ada 11 kandidat mengajukan untuk menggantikan posisi Boris Johnson. Tetapi dalam pemungutan suara kelima dan terakhir dari anggota parlemen Konservatif pada hari Rabu, menteri perdagangan junior Penny Mordaunt tersingkir. Sunak memenangkan 137 suara, versus Truss 113 dan Mordaunt 105.

Jajak pendapat menunjukkan Truss akan mengalahkan Sunak dalam kontes anggota partai, membuka peluang bahwa partai memilih seorang pemimpin yang bukan pilihan paling populer bagi anggota parlemen di Westminster.

Artikel Terkait