RT/RW Bakal Full Senyum, Ridwan Kamil Janjikan Dana hingga Rp200 Juta

FT News – Calon Gubernur dari Koalisi Jakarta Maju Ridwan Kamil mengusulkan kenaikan dana Rukun Warga (RW) antara Rp100-200 juta.

Pernyataan ini disampaikan saat dirinya menghadiri deklarasi Gerbang Betawi atau Gerakan Membangun Budaya Betawi di Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (6/9).

“Jakarta itu harus berkeadilan, maka salah satu programnya nanti RW-RW akan kita kasih anggaran minimal 100 sampai 200 juta,” ujarnya.

Kenaikan anggaran untuk RW ini digunakan untuk membangun wilayahnya sendiri dengan pantauan kelurahan.

Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyambangi rumah polikus senior Jusuf Kalla di Jalan Brawijaya No. 6, Jakarta Selatan pukul 17.00 WIB, Kamis (5/9). [FTNews / Muhamad Nur Alfiyan]

“Coba bayangkan, terjadi perdebatan. Ini duit dari Pak Gubernur mau diapain? Apa ngurusin selokan? Apa bikin gerbang? Apa bikin modal UMKM warga RW-nya?,” paparnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini juga menegaskan bahwa tidak semua keputusan harus diambil melalui gubernur.

“Jadi RW ada anggaran RW. Gaji RW-RT juga kita naikkan insyaallah, dengan keadilan, tidak menjanjikan yang sifatnya kadang-kadang berlebihan,” jelasnya.

Ia menekankan pentingnya supervisi oleh ahli di level kecamatan dan persetujuan oleh gubernur, agar penggunaan anggaran tidak sembarangan.

Ridwan Kamil di TKN Fanta Prabowo-Gibran. FTNews / Muhamad Nur Alfiyan

 

Sebagai contoh, di Bandung, Ia memberikan 100 juta per RW untuk membeli motor triseda guna kebersihan, yang berdampak positif pada kemenangan Adipura setelah bertahun-tahun gagal.

“Kombinasi berkeadilan, RW-RW diberi anggaran, dibimbing oleh pemimpinnya, disupervisi orang-orang berilmu, saya yakin 5 tahun itu jadi perubahan yang luar biasa,” tutupnya.

Artikel Terkait