Rumah Sakit IKN Pakai Konsep Healing Garden, Apa Itu?

Forumterkininews.id, Jakarta – Presiden Jokowi telah melakukan groundbreaking rumah sakit di Ibu Kota Nusantasa (IKN) pada Rabu (1/11). Rumah sakit di IKN nantinya akan memiliki konsep ramah lingkungan yang mana selaras dengan pembangunan IKN sebagai forest city.

Sekitar 20 persen total luas lahan di rumah sakit merupakan area hijau dengan fasilitas healing garden. Lalu, Apa sih healing garden itu?

Mengutip laman takingcharger.csh.umn.edu, healing garden merupakan istilah yang paling sering digunakan pada ruang hijau di rumah sakit. Juga di fasiljtas kesehatan lainnya dengan tujuan meningkatkan hasil kesehatan.

Taman-taman penyembuhan ini menyediakan tempat perlindungan dan mendorong penyembuhan pada pasien, keluarga, dan staf.

Meskipun lingkungan mana pun dapat membantu penyembuhan, healing garden ini merupakan taman khusus sehingga mampu melakukan penyembuhan. Karena manusia sudah terprogram percaya dan menganggap alam yang asyik dan menyenangkan.

Penyembuhan dapat terjadi karena healing garden akan nemberikan bantuan dari gejala, pengurangan stres, dan peningkatan rasa kesejahteraan dan harapan secara keseluruhan.

Healing garden ini memiliki lanskap terapeutik yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan untuk pasien tertentu.

Sampai saat ini, alam masih menjadi unsur penting bagi manusia. Manusia memiliki hubungan biologis dengan alam. Di mana manusia sangat memperhatikan alam mengumpulkan informasi penting untuk bertahan hidup dan bereproduksi. Sehingga, manusia memiliki kecenderungan menganggap alam sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Selain itu, alam mengurangi rasa stres dan kecemasan. Di mana alam memberikan membuat manusia tak perlu berusaha untuk fokus pada pemandangannya. Sehingga dapat mengalihkan pikiran dari hal yang memuakkan dan dapat mengurangi kelelahan mental.

Healing garden memiliki fitur penting tanaman vegetasi hijau alami, bunga, dan elemen air yang tenang. Lokasinya harus berada di tempat yang tidak mengganggu suara kota atau suara mekanis yang keras serta jauh dari area merokok.

BACA JUGA:   Menteri Tjahjo ke ASN: Tolak Pindah Ke IKN Silakan Keluar

Wah, konsep healing garden ternyata se-keren itu, ya? Kira-kira seperti apa ya faslitias rumah sakit healing garden yang ada di IKN nanti.

Artikel Terkait