Rusia Akui Hancurkan Satelit dengan Serangan Rudal Luar Angkasa

Forumterkininews.id, Moskow- Rusia mengaku menghancurkan salah satu satelitnya selama uji coba rudal ke luar angkasa. Pernyataan resmi itu dikeluarkan Rusia, Selasa (16/11).

Walau mengakui aksi tersebut, pihak Rusia bersikeras menolak tudingan AS yang menyebut hal itu membahayakan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kementerian pertahanan Rusia sebelumnya telah  mengonfirmasi tentang keberhasilan mereka melakukan uji coba rudal. Uji coba itu mengakibatkan pesawat ruang angkasa Rusia ‘Tselina-D’, yang telah mengorbit sejak 1982, dihancurkan.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu kemudian mengatakan peluncuran itu menggunakan sistem yang secara tepat mengenai sasarannya.

“Fragmen yang terbentuk tidak menimbulkan ancaman bagi aktivitas luar angkasa,” tambahnya, seperti dikutip kantor berita Rusia.

Akan tetapi pada Senin (15/11) lalu, AS menuduh Rusia melakukan serangan berbahaya dan tidak bertanggung jawab terhadap satelit yang telah menciptakan awan puing dan memaksa kru ISS untuk menyelamatkan diri.

Langkah itu kembali memunculkan kekhawatiran tentang meningkatnya perlombaan senjata di luar angkasa, yang mencakup segala hal mulai dari senjata laser hingga satelit yang mampu mengusir orang lain keluar dari orbit.

Para pejabat AS mengatakan mereka tidak diberitahu sebelumnya tentang uji coba rudal yang menghasilkan lebih dari 1.500 keping puing orbit yang dapat dilacak.

Artikel Terkait