Rusia Bantah Tudingan Rencana Perang Besar-besaran di Ukraina

Forumterkininews.id, Moskow- Rusia menepis tudingan bahwa mereka akan menyatakan perang habis-habisan di Ukraina dalam beberapa hari mendatang. Negeri Beruang Merah itu bahkan menyebut sebagai omong kosong.

Melansir Reuters, Rusia sampai sekarang membantah sedang berperang, dan malah menyebut invasi itu sebagai operasi militer khusus.

Namun para pejabat Barat berspekulasi bahwa Presiden Vladimir Putin dapat menggunakan Parade Kemenangan 9 Mei untuk mengumumkan eskalasi aksi militer.

Merespon hal itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, tidak ada kebenaran sama sekali dari rumor itu.

Para pejabat Rusia hanya menyebut invasi itu sebagai operasi militer khusus untuk “demiliterisasi” atau “de-Nazify” negara itu.

Selain parade tahunan di Moskow, ada juga laporan lama bahwa Rusia merencanakan semacam parade tambahan di kota Mariupol di Ukraina selatan, yang hampir semuanya sekarang berada di bawah kendali Rusia.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa setelah evakuasi beberapa warga sipil yang berhasil baru-baru ini, serangan terhadap pabrik baja telah dilanjutkan.

Para pejabat Ukraina mengatakan jalan-jalan di pusat kota sedang dibersihkan dari puing-puing, mayat, dan bom yang tidak meledak. Sebagian besar kota itu berada dalam reruntuhan, setelah pasukan Rusia membombardirnya tanpa henti selama berminggu-minggu di bawah pengepungan.

Artikel Terkait