Rusia Klaim Ratusan Tentara Ukraina Menyerah di Mariupol

Forumterkininews.id, Moskow- Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim lebih dari 250 tentara Ukraina yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal di Mariupol telah menyerah.

“Selama 24 jam terakhir, 265 gerilyawan telah meletakkan senjata mereka dan menyerah, termasuk 51 orang terluka parah,” kata kementerian, Selasa (17/5), dikutip SkyNews.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov juga mengatakan Presiden Vladimir Putin telah menjamin para pejuang Ukraina akan diperlakukan sesuai dengan standar internasional usai mereka menyerah.

Baca Juga : Saingi Rusia, AS Uji Rudal Hipersonik Super Canggih

Hal itu menjawab klaim militer Ukraina yang menyebut sedang bekerja untuk mengevakuasi semua pasukan yang tersisa dari benteng terakhir mereka di kota pelabuhan yang terkepung.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Malyar, sebelumnya mengatakan mereka yang membutuhkan perawatan medis dibawa ke sebuah rumah sakit di kota Novoazovsk yang dikuasai Rusia, sekitar 30 mil sebelah timur Mariupol.

Lainnya dibawa ke Olenivka, sekitar 55 mil utara, melalui koridor kemanusiaan, dan mereka akan ditukar dengan tahanan militer Rusia sebelum kembali ke rumah.

“Berkat para pembela Mariupol, Ukraina memperoleh waktu yang sangat penting, dan mereka memenuhi semua tugas mereka. Tetapi tidak mungkin untuk membuka blokir Azovstal dengan cara militer.”katanya.

 

Artikel Terkait