Rusia Memanas, Malaysia Siap Pulangkan 755 Warganya

Forumterkininews.id, Kuala Lumpur- Pemerintah Malaysia siap memulangkan 755 warganya dari Rusia kapan saja. Jika keselamatan mereka terganggu usai kondisi di negara itu kembali memanas.

“Pemerintah melalui Wisma Putra (Kementerian Luar Negeri) telah membuat pengaturan. Untuk memulangkan warga negara Malaysia dari negara itu kapan saja, jika perlu,” kata Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi, Senin (26/6), dikutip The Star.

Ahmad Zahid mengatakan, pemerintah terus memantau perkembangan ketegangan di Rusia, khususnya di Moskow.

“Menteri Luar Negeri Dr Zambry Abdul Kadir juga telah memberikan pengarahan kepada Perdana Menteri Anwar Ibrahim dan saya sendiri, jadi kami memantau situasi di sana,” imbuhnya.

Dalam imbauan pada Sabtu lalu, Kedutaan Besar Malaysia di Rusia meminta semua warga Malaysia. Khususnya pelajar di Moskow, Saint Petersburg, dan Volgograd untuk tetap waspada dan tenang. Serta membatasi pergerakan di luar ruangan, serta menghindari area keramaian.

Warga Malaysia yang berada di Rusia juga disarankan untuk membawa dokumen pribadi. Seperti paspor mereka setiap saat dan untuk memastikan bahwa dokumen perjalanan itu valid dan mudah diakses.

Sementara itu, disarankan warga Malaysia yang berencana bepergian ke Rusia untuk tujuan yang tidak penting agar tidak melakukannya sampai situasinya membaik.

Melansir Bernama, dilaporkan bahwa Rusia, pada hari Sabtu, telah mendeklarasikan rezim operasi anti-teroris di Moskow dan wilayah Moskow.

Setelah kepala kelompok tentara bayaran Wagner yang dipimpin oleh Yevgeny Prigozhin bersumpah untuk menggulingkan kepemimpinan militer Rusia.

Artikel Terkait