Rusia Mendakwa 92 Militer Ukraina Atas Kejahatan Kemanusiaan

Forumterkininews.id, Moskow – Kepala komite investigasi Rusia Alexander Bastrykin mengatakan negaranya telah mendakwa 92 anggota angkatan bersenjata Ukraina. Puluhan tentara Ukraina didakwa atas kejahatan terhadap kemanusiaan dan mengusulkan pengadilan internasional yang didukung oleh negara-negara lain. Termasuk Bolivia, Iran dan Suriah.

“Ada lebih dari 220 orang, termasuk perwakilan dari komando tinggi Angkatan Bersenjata Ukraina. serta komandan unit militer yang menembaki penduduk sipil,” kata Bastrykin dikutip Reuters.

Bastrykin, yang komitenya menyelidiki kejahatan besar, mengatakan 92 komandan dan bawahan mereka telah didakwa. Kemudian 96 orang, termasuk 51 komandan angkatan bersenjata Ukraina dinyatakan buron.

Bastrykin mengatakan 1.300 investigasi kriminal telah dimulai terhadap anggota militer Ukraina. Kemudian pimpinan politik, asosiasi nasionalis radikal, dan formasi bersenjata. Lebih dari 400 orang sejauh ini akan dimintai pertanggungjawaban.

Sasaran penyelidikan termasuk pegawai kementerian kesehatan Ukraina yang dia tuduh, tanpa memberikan bukti, mengembangkan senjata pemusnah massal, serta warga negara Inggris, AS, Kanada, Belanda, dan Georgia.

Delapan kasus kriminal juga telah diluncurkan ke dalam serangan terhadap kedutaan besar Rusia atau perwakilan lainnya di Belanda. Kemudian Irlandia, Lithuania, Republik Ceko, Polandia, Rumania dan Prancis.

Artikel Terkait