Rusia Mundur, Ukraina Rebut Kembali Kherson Selatan

Forumterkininews.id, Kiev – Ukraina mengklaim telah menguasai kota selatan Kherson. Hal ini diungkapkan setelah Rusia memindahkan semua angkatan bersenjatanya ke tepi kiri (timur) Sungai Dnieper, Jumat, (11/11).

“Di arah Kherson hari ini pukul 5 pagi waktu Moskow, pemindahan unit pasukan Rusia ke tepi kiri Sungai Dnieper telah selesai. Tidak ada satu pun peralatan militer dan senjata yang tersisa di tepi kanan, ” ujar Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov dikutip Xinhua.

Ia mengatakan tidak ada kerugian personel, senjata, peralatan dan material militer selama proses tersebut.

Konashenkov menekankan, semua prajurit Rusia telah menyeberangi sungai ke tepi kiri. Kemudian warga sipil yang ingin meninggalkan bagian tepi kanan wilayah Kherson telah menerima bantuan.

“Angkatan bersenjata Rusia telah membentuk garis pertahanan di tepi kiri sungai yang lebar,” katanya.

Kemudian pada hari itu, Konashenkov mengatakan, bahwa lebih dari 30.000 prajurit Rusia dan hampir 5.000 peralatan telah ditarik kembali ke tepi kiri.

Menyusul mundurnya pasukan Rusia, angkatan bersenjata Ukraina memasuki kota Kherson, yang terletak di tepi kanan (barat) Sungai Dnieper. Hal ini diungkapkan Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, Jumat.

“Kherson kembali di bawah kendali Ukraina,” katanya dalam sebuah pernyataan di Telegram, mendesak tentara Rusia yang gagal pergi untuk menyerah.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...