Rusia Perintahkan Pasukannya Mundur dari Ukraina Selatan

Forumterkininews.id, Kherson-Rusia memerintahkan pasukannya mundur dari kota Kherson di Ukraina selatan Rabu, (9/11). Perintah ini dikeluarkan setelah prajurit Valdimir Putin mendapat pukulan besar dari serangan balasan Ukraina.

“Mulai tarik pasukan. Komandan telah mengeluarkan keputusan sulit untuk mundur dari kota. Kemudian dan mendirikan pertahanan di tepi timur Sungai Dnipro,” kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dikutip CNA.

Kota Kherson adalah pusat kota pertama yang direbut Rusia selama operasi militer khusus. Kawasan ini menjadi satu-satunya ibu kota regional yang dikendalikan pasukan Moskow sejak serangan yang dimulai pada 24 Februari.

Pasukan Ukraina selama berminggu-minggu telah merebut desa-desa dalam perjalanan ke kota dekat Laut Hitam, dan para pemimpin yang ditempatkan Kremlin di Kherson telah menarik keluar warga sipil.

“Mereka hanya mencari jalan keluar dari situasi yang sulit. Fakta bahwa mereka dengan sengaja pindah ke tepi kiri tidak mengejutkan siapa pun,”ujar juru bicara komando tentara selatan Ukraina Natalia Gumeniuk kepada AFP.

“Tapi kami mengerti bahwa kami masih harus berjuang,” tambah Gumeniuk, yang percaya bahwa pertempuran untuk Kherson belum berakhir.

Pejabat Ukraina dan warga sipil sama-sama menanggapi dengan skeptis terhadap pengumuman Rusia. Penasihat presiden Ukraina Mykhaylo Podolyak mengatakan beberapa tentara Rusia tetap berada di kota itu.

“Kami tidak melihat tanda-tanda bahwa Rusia meninggalkan Kherson tanpa perlawanan,” katanya di Twitter.

Kherson juga merupakan salah satu dari empat wilayah Ukraina yang Rusia nyatakan telah dianeksasi pada bulan September, tak lama setelah dipaksa untuk menarik diri dari petak wilayah di wilayah timur laut Kharkiv.

Pengumuman mundur itu datang hanya beberapa jam setelah para pejabat mengatakan wakil kepala wilayah Kherson yang dilantik Moskow, Kirill Stremousov, pendukung utama aneksasi, tewas dalam kecelakaan mobil.

Artikel Terkait