Rusia Tak Gentar Meski Ukraina Dibekali Rudal Patriot AS

Forumterkininews.id, Moskow – Rusia mengaku tak gentar meski Ukraina dibekali rudal patriot super canggih AS. Rusia menyebut itu tak menyelesaikan konflik atau mencegah negara itu mencapai tujuannya.

Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan mengatakan bahwa meskipun sistem pertahanan udara Patriot secara luas dianggap canggih, ia justru menganggapnya cukup tua.

“Tujuan kami bukan untuk memutar roda konflik militer, tetapi sebaliknya, untuk mengakhiri perang ini. Kami akan berusaha untuk mengakhiri ini, dan tentu saja lebih cepat lebih baik.”kata Putin di Moskow, dikutip Reuters.

Baca Juga : Putin ke Belarus, Ukraina Makin Ketar-ketir

Komentar Putin pun segera mengundang skeptisisme AS. Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Putin sama sekali tidak menunjukkan indikasi bahwa dia bersedia bernegosiasi untuk mengakhiri perang.

“Semua yang dia (Putin) lakukan di darat dan di udara menunjukkan seorang pria yang ingin terus melakukan kekerasan terhadap rakyat Ukraina (dan) meningkatkan perang”, kata Kirby kepada wartawan.

Sebelumnya, Rusia telah berulang kali mengatakan terbuka untuk negosiasi, tetapi Ukraina dan sekutunya mencurigai taktik untuk mengulur waktu setelah serangkaian kekalahan dan mundurnya Rusia di medan perang.

Artikel Terkait