Rusia Ungkap Ukraina Coba Bunuh Putin Gunakan Drone

Forumterkininews.id, Moskow- Rusia mengatakan Ukraina melakukan upaya membunuh Presiden Vladimir Putin dalam serangan pesawat tak berawak (drone), tapi gagal.

Hal itu diungkapkan pihak Rusia usai seranhgn pada Rabu (3/5) malam yang menargetkan benteng pertahanan Rusia di Moskow.

Melansir Reuters, Rusia mengatakan bahwa dua kendaraan udara tak berawak diarahkan ke benteng Moskow.

“Kami menganggap aksi ini sebagai aksi teroris terencana dan upaya pembunuhan presiden, yang dilakukan pada malam Hari Kemenangan, Parade 9 Mei, di mana kehadiran tamu asing juga direncanakan,” kata Rusia.

Pecahan drone juga berserakan di halaman kantor Kremlin tetapi tidak ada korban luka atau kerusakan, katanya.

Putin sendiri dilaporkan dalam kondisi  aman. Kantor berita RIA mengatakan dia tidak berada di Kremlin pada saat itu, dan sedang bekerja pada hari Rabu di kediaman Novo Ogaryovo di luar Moskow.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pihaknya  tidak ada hubungannya dengan insiden semalam yang dilaporkan.

”Kami tidak menyerang Putin, atau Moskow, kami berperang di wilayah kami,” kata Zelenskyy dalam konferensi pers saat berkunjung ke Finlandia.

Sejalan, seorang pembantu senior Zelenskyy menyebut tuduhan itu sebagai tanda bahwa Rusia sedang merencanakan serangan besar baru di Ukraina, saat Ukraina bersiap untuk melakukan serangan balasan yang telah lama dinanti.

Artikel Terkait