Sanksi Uni Eropa untuk Putin, Warga Rusia Tidak Bisa Masuk Eropa

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengkonfirmasi jika Uni Eropa sepakat menjatuhkan sanksi terhadap Rusia. Sanksi ini buntut dari Dekrit yang ditandatangai Presiden Rusia Vladimir Putin soal kemerdekaan dua negara di bagian timur Ukraina. Salah satu sanksi yang dirasakan adalah warga negara Rusia tidak bisa bepergian ke Eropa.

Rancangan proposal sanksi mengatakan semua orang yang terlibat dalam “keputusan ilegal” di Ukraina akan secara pribadi menjadi sasaran sanksi. Bank yang membiayai militer Rusia akan mendapat sanksi.

“Tindakan kami hari ini adalah tanggapan terhadap perilaku agresif Rusia,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

“Jika Rusia terus meningkatkan krisis di Ukraina, kami siap mengambil tindakan lebih lanjut sebagai tanggapan,” tambahnya.

Uni Eropa telah memperingatkan akan ada “konsekuensi besar” bagi ekonomi Rusia jika Moskow menginvasi Ukraina. Sebelumnya, Jerman sudah menghentikan proses persetujuan untuk pipa gas Nord Stream 2 dari Rusia.

AS telah mengumumkan “tahap pertama” sanksi yang menargetkan entitas dan individu Rusia. Inggris juga mengatakan Selasa akan memberikan sanksi kepada tiga orang terkaya di Rusia dan lima bank.

Di Brussels, Juru Bicara Komisi Eropa Eric Mamer mengatakan bahwa Rusia telah memilih rute eskalasi, Eropa harus bereaksi untuk memastikan bahwa Rusia bias dihentikan, sambil terus mencari jalur diplomatik.

Uni Eropa menyetujui sanksi yang akan diterapkan, antara lain pemutusan kemampuan pemerintah Rusia mengakses modal di Uni Eropa. Kemudian pasar keuangan dan jasa. Uni Eropa juga akan menghentikan perdagangan obligasi Rusia.

Kemudian, warga Rusia tidak bisa masuk ke UE dan rekening bank mereka akan dibekukan. Selain itu, perdagangan dari Donetsk dan Luhansk dengan UE juga akan diblokir.

BACA JUGA:   Dianggap Mata-mata, AS Usir 12 Diplomat Rusia

 

Artikel Terkait