Sara Duterte Dilantik jadi Wakil Presiden Filipina Dampingi Ferdinand Marcos Jr

Forumterkininews.id,Manila- Putri mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte-Carpio dilantik sebagai wakil presiden ke-15 negara itu pada Minggu (19/6). Dalam sambutannya pada acara pelantikan tersebut, Sara menyerukan persatuan nasional setelah kampanye pemilihan presiden yang cukup sengit.

“Hari-hari ke depan mungkin penuh tantangan yang menuntut kita untuk lebih bersatu sebagai bangsa,” katanya dalam pidato pelantikan di kampung halamannya Davao, dikutip Reuters.

Sara Duterte, 44, mendampingi Ferdinand Marcos Jr, yang juga menang dalam pemilihan 9 Mei dan akan dilantik sebagai presiden negara itu 30 Juni. Setelah dilantik, Marcos Jr akan menjalani masa jabatannya selama enam tahun. Marcos juga ambil bagian dalam upacara pelantikan yang dihadiri oleh kerabat, sekutu, dan pendukung Sara Duterte-Carpio.

Mereka berdua mencetak kemenangan telak, dengan margin luar biasa yang tidak terlihat dalam beberapa dekade. Hal ini membentuk aliansi penting dan menjalankan pesan persatuan. Juga membantu banyak koalisi memenangkan kursi di posisi legislatif dan pemerintah daerah.

Seperti ayahnya, Duterte-Carpio dilatih sebagai pengacara sebelum memasuki politik pada 2007. Saat itu dirinya terpilih sebagai wakil walikota di Davao, 1.000 km dari ibu kota Manila. Dia awalnya ingin menjadi dokter tetapi malah mengejar karir politiknya. Pada 2010 menggantikan ayahnya menjadi walikota wanita pertama di Davao.

“Jika kita semua meluangkan waktu sejenak untuk mendengarkan panggilan untuk melayani dan memutuskan untuk mengindahkan panggilan, saya percaya negara akan menuju masa depan harapan, keamanan, kekuatan, stabilitas, dan kemajuan,” kata Duterte-Carpio.

Artikel Terkait

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...