Sarmat, Rudal Terbaru Rusia yang Berdaya Nuklir

Forumterkininews.id, Kiev – Rusia mengaku telah melakukan uji peluncuran pertama rudal balistik antarbenua. Rudal ini  bernama Sarmat, yang diketahui berkekuatan nuklir. Sarmat dikembangkan bertahun-tahun sehingga peluncuran uji cobanya tidak mengejutkan bagi Barat. Tetapi rudal itu datang pada saat ketegangan geopolitik ekstrem atas perang di Ukraina. Rudal itu terbang melintasi seluruh negeri, mendarat di lokasi uji coba di Timur Jauh Rusia.

“Rudal baru ini memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi. Juga mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern. Sarmat juga tidak memiliki analog di dunia,” ujar Putin dalam pidatonya, Rabu (20/4) dikutip CNA.

Ia menambahkan, senjata yang benar-benar unik tersebut akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjatanya. Serta memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal.

“Ini juga menyediakan bahan pemikiran bagi mereka yang, dalam panasnya retorika agresif yang hiruk pikuk, mencoba mengancam negara kita,” tandasnya.

Diketahui, pasukan nuklir Rusia akan mulai menerima pengiriman rudal baru pada musim gugur tahun ini setelah pengujian selesai. Meluncurkan invasi pada 24 Februari, Putin mengacu pada kekuatan nuklir Rusia dan memperingatkan Barat bahwa setiap upaya untuk menghalanginya akan membawa kosnsekuensi tersendiri.

“Akan membawa pada konsekuensi yang belum pernah anda temui dalam sejarah,” tukasnya.

Artikel Terkait