Satu Juta Warga Gaza Ngungsi Pasca Israel Luncurkan Serangan Darat

Forumterkininews.id, Gaza- Lebih dari satu juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka di Jalur Gaza utara sejak Israel memulai pemboman terhadap Hamas, pada Minggu (15/10).

Melansir CNA, pemboman tanpa henti Israel telah meratakan lingkungan sekitar. Menyebabkan sedikitnya 2.670 orang tewas di Jalur Gaza, yang sebagian besar merupakan warga sipil Palestina.

Warga Palestina yang membawa barang apa pun yang mereka bisa, baik dalam tas dan koper. Hingga sepeda motor roda tiga, mobil rusak, van, bahkan gerobak keledai sudah menjadi pemandangan umum dalam beberapa hari terakhir.

Mereka harus mencari perlindungan di mana pun mereka bisa di wilayah selatan Jalur Gaza yang semakin padat. Termasuk di jalan-jalan dan di sekolah-sekolah milik PBB.

Israel telah memutus pasokan air, bahan bakar, dan makanan ke Gaza selama konflik berlangsung. Rumah sakit setempat kewalahan dengan meningkatnya jumlah korban tewas dan cedera.

Pejabat kesehatan pada hari Minggu mengatakan sekitar 9.600 orang terluka.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta Hamas untuk membebaskan semua sandera. Agar Israel mengizinkan semua bantauan kemanusiaan masuk ke Jalur Gaza.

Israel sendiri telah mengerahkan ribuan tentara dan persenjataan berat di gurun selatan negara itu, menunggu lampu hijau untuk masuk ke Gaza utara.

Tentara telah memerintahkan 1,1 juta warga Palestina di utara Jalur Gaza – hampir setengah dari 2,4 juta penduduknya – untuk menuju ke selatan menuju tempat yang aman.

Namun masih ada serangan udara Israel di selatan, termasuk di Rafah, di mana seorang warga mengatakan rumah seorang dokter menjadi sasarannya.

“Seluruh keluarga musnah,” kata Khamis Abu Hilal.

Sementara itu, juru bicara militer Israel Letnan Richard Hecht dan Daniel Hagari mengatakan setiap serangan darat akan dipicu oleh “keputusan politik”.

Artikel Terkait