Sengit! Pejabat Inggris Rebutan Kursi Gantikan Boris Johnson

Forumterkininews.id, London – Persaingan untuk mengisi kekosongan kursi Perdana Menteri Inggris mulai terjadi. Sedikitnya lima kandidat menyatakan niatnya untuk menggantikan Boris Johnson, Minggu (10/7).

Johnson, resmi mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada hari Kamis (7/7) setelah anggota parlemen dan rekan Kabinet memberontak. Hal ini dampak atas kebijakannya dan penanganan serangkaian skandal. Termasuk pelanggaran aturan penguncian dalam pertemuan di kantornya di Downing Street. Namun Boris  mengatakan akan bertahan sampai pemimpin baru terpilih.

Merespon banyaknya kandidat yang mengajukan diri, seorang anggota komite partai Konservatif yang menetapkan aturan untuk pemilihan kepemimpinan mengatakan, hasil akhir pencalonan diumumkan bulan September.

Melansir Reuters, mereka yang resmi mencalonkan diri adalah Menteri perdagangan junior Penny Mordaunt, bergabung dengan Menteri Transportasi Grant Shapps. Selanjutnya menteri keuangan Nadhim Zahawi dan mantan menteri Jeremy Hunt dan Sajid Javid. Semuanya mengumumkan pencalonan untuk kepemimpinan Minggu (10/7).

“Ini adalah titik perubahan kritis bagi negara kita. Saya percaya bahwa pemerintahan koalisi yang dipimpin sosialis atau sosialis pada pemilihan berikutnya akan menjadi bencana bagi Inggris,” kata Penny  Mordaunt dalam sebuah pernyataan.

Artikel Terkait