Serang Balik, Putin Larang Joe Biden Masuk Rusia

Forumterkininews.id, Moskow – Pemerintah Rusia memasukkan nama Presiden AS Joe Biden ke dalam daftar hitam (Black List) negara tersebut. Akibatnya Biden dilarang memasuki wilayah Rusia.

Bukan hanya Biden, sanksi juga diberikan ke sejumlah pejabat AS termasuk individu yang terkait dengan mereka, seperti putra Biden. Semuanya dilarang memasuki Rusia.

Hal itu merupakan tanggapan atas sejumlah sanksi barat usai invasi Rusia ke Ukraina. Melansir SkyNews, Biden diketahui belum pernah mengunjungi Rusia sejak 2011. Tepatnya ketika dia menjadi wakil presiden Barack Obama.

Selain Biden, Rusia juga merilis sejumlah daftar nama pejabat tinggi AS yang dilarang menginjakkan kaki di Rusia seperti Menteri luar negeri AS Antony Blinken, kepala CIA William Burns, menteri pertahanan Lloyd Austin, dan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengklaim sanksi Barat terhadap rezimnya setara dengan menyatakan perang. Sehingga ia sedikitpun tak gentar. Walau saling memberi sanksi, kementerian luar negeri Rusia mengatakan akan tetap mempertahankan hubungan resmi dengan Washington.

Selain itu, Rusia akan tetap melakukan kontak tingkat tinggi dengan mereka yang ada dalam daftar larangan berkunjung jika perlu.

Artikel Terkait