Serangan Taliban di Afghanistan Tewaskan Tiga Anggota ISIS

Forumterkininews.id, Kabul- Serangan  pasukan Taliban di ibu kota Afghanistan pada Rabu, (22/3) malam menewaskan tiga anggota kelompok ekstremis Negara Islam (ISIS).

Menurut Zabihullah Mujahid, juru bicara pemerintah Taliban, operasi pada Selasa menargetkan tempat persembunyian ISIS di Kabul dan menewaskan tiga anggota terkemuka kelompok militan yang merencanakan serangan selama bulan suci Ramadhan, yang dimulai Kamis.

“Anggota ISIS menggunakan tempat persembunyian itu untuk melakukan serangan di kota Kabul dan berencana menargetkan tempat-tempat keagamaan dan warga sipil selama bulan Ramadhan mendatang,” kata Mujahid dikutip AP.

Afiliasi regional dari kelompok Negara Islam sendiri telah menjadi saingan utama Taliban sejak pengambilalihan mereka atas Afghanistan pada Agustus 2021.

Kelompok militan telah meningkatkan serangannya, menargetkan patroli Taliban dan anggota kelompok tersebut. Minoritas Syiah Afghanistan.

Taliban menyapu Afghanistan pada pertengahan Agustus 2021, merebut kekuasaan saat pasukan AS dan NATO menarik diri dari Afghanistan setelah 20 tahun perang.

Komunitas internasional belum mengakui pemerintah Taliban, mewaspadai tindakan keras yang mereka lakukan sejak pengambilalihan mereka—termasuk membatasi hak dan kebebasan, terutama bagi perempuan dan minoritas.

Artikel Terkait