Serangan Terhadap Warga Amerika Keturunan Asia Terus Meningkat

Forumterkininews.id, Jakarta – Serangan terhadap orang Amerika keturunan Asia telah meningkat sejak awal pandemi virus corona. Desember lalu, Departemen Kepolisian melaporkan serangan terhadap orang Amerika keturunan Asia naik 361 persen dari tahun sebelumnya.

Melansir Strait Times, awal Januari 2022, Michelle Alyssa Go, seorang wanita Asia-Amerika berusia 40 tahun, didorong hingga tewas saat menunggu kereta menuju selatan di Times Square.

Selanjutnya, pekan lalu, Jarrod Powell, 50, didakwa dengan pembunuhan tingkat dua sebagai kejahatan rasial dalam kematian imigran China Yao Pan Ma, 61, yang meninggal pada 31 Desember karena cedera yang dideritanya dalam serangan East Harlem pada April.

Terakhir, Christina Yuna Lee ditemukan tewas di kamar mandi apartemen miliknya yang berada di Manhattan, Minggu (13/2).

Rekaman CCTV yang diperoleh New York Post menunjukkan Lee dibuntuti ke gedungnya di Chrystie Street di Chinatown oleh seorang pria yang diidentifikasi sebagai Assamad Nash (25). Nash mengikuti Lee ke dalam unit apartemen.

Tak lama berselang, tetangga Lee menelepon polisi beberapa saat atas laporan kebisingan. Kemudian, ketika petugas kepolisian tiba di gedung, pintu apartemen Ms Lee terkunci.

Ketika petugas Unit Layanan Darurat masuk ke apartemen, kata petugas polisi, dia ditemukan tewas di bak mandinya. Selanjutnya, Nash yang berusaha melarikan diri melalui jendela tidak berhasil. Dia ditangkap di dalam apartemen. Akibat penangkapan tersebut, Nash terluka dan dibawa ke Rumah Sakit Bellevue.

Nash sendiri telah tercatat berulang kali melakukan kejahatan. Pada September 2021 dirinya dituding sebagai pelaku pembunuhan di stasiun Grand Street. Dimana korbannya merupakan pria 62 tahun. Saat itu kepada Polisi, Nash mengaku telah memukul wajahnya setelah pria tersebut mengusap MetroCard miliknya untuk penumpang lain.

Artikel Terkait