Situasi Memanas, Situs Kemenhan Ukraina Diretas

Forumterkininews.id, Kiev – Ukraina menyebut situs web kementerian pertahanan dan angkatan bersenjata serta dua bank negara terkena serangan siber. Serangan dunia maya ini dituding perbuatan Rusia.Pengumuman dari pengawas komunikasi Ukraina itu muncul ke publik pada Selasa, (15/2). Situs yang terkena dampak termasuk bank tabungan negara Oschadbank dan Privat yang merupakan dua lembaga keuangan terbesar di negara itu.

Melansir Reuters, kedua bank  melanjutkan layanan pada hari Selasa tetapi situs militer tetap tidak dapat diakses beberapa jam setelah laporan awal serangan itu muncul. Situs kementerian pertahanan menunjukkan pesan yang tertulis “sedang menjalani pemeliharaan teknis”.

Situs web angkatan bersenjata menunjukkan pesan yang mengatakan tidak dapat dihubungi. Serangan siber hari Selasa terjadi satu bulan setelah serangan lain secara singkat melumpuhkan situs-situs utama pemerintah Ukraina.

Di tempat terpisah, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy meminta warga Ukraina untuk mengibarkan bendera di gedung-gedung dan menyanyikan lagu kebangsaan serempak pada 16 Februari. Beberapa media Barat memprediksi 16 Februari merupakan kemungkinan invasi Rusia.

Pejabat Ukraina menekankan bahwa Zelenskiy tidak memprediksi serangan pada tanggal tersebut, tetapi menanggapi dengan skeptis terhadap laporan media asing. Beberapa organisasi media Barat telah mengutip pejabat AS dan lainnya bahwa pasukan Rusia akan siap untuk menyerang pada 16 Februari.

Artikel Terkait