Slovakia Bersiap Tampung Pengungsi dari Ukraina

Forumterkininews.id, Bratislava – Slovakia sedang mempersiapkan angkatan bersenjatanya untuk membantu menangani kemungkinan aliran pengungsi dari Ukraina. Hal ini dilakukan setelah pengakuan Rusia atas dua wilayah separatis di timur Ukraina meningkatkan krisis.
Menteri Pertahanan Slovakia, Jaroslav Nad mengatakan, pihaknya akan memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani masuknya pengungsi. Negara itu juga akan siap untuk perkembangan apa pun.
“Kami sedang dalam proses meningkatkan kesiapan tempur. Tetapi alasan utamanya adalah potensi ancaman migrasi dan bukan ancaman perang,” katanya dikutip Reuters, Rabu (23/2).
Nad mengatakan, pasukan keamanan melihat lebih banyak ancaman dunia maya dan aktivitas hibrida yang datang dari Rusia. Slovakia, yang berbatasan dengan Ukraina di timur dan merupakan anggota NATO dan Uni Eropa. Sejauh ini belum melaporkan adanya peningkatan aktivitas di perbatasannya.
Sementara itu, NATO menyebut aliansi mereka percaya bahwa Rusia masih merencanakan serangan besar di Ukraina dan Uni Eropa menyetujui sanksi baru terhadap Moskow.
Saat ini negara-negara di Eropa Timur telah membuat persiapan untuk kemungkinan ratusan ribu orang melarikan diri dari Ukraina jika terjadi invasi Rusia.

Artikel Terkait