Soal Larangan Tangkap Ikan, AS Dukung Filipina Protes ke China

Forumterkininews.id, Washington – Amerika Serikat mendukung upaya Filipina melayangkan nota protes terkait larangan penangkapan ikan oleh pemerintah China di Laut China Selatan. Hal ini diungkapkan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Kamis (2/6).

Dukungan Departemen Luar Negeri AS terhadap Filipina merujuk pada keputusan pengadilan di Den Haag tahun 2016. Dimana dalam putusan tersebut Pengadilan Den Haag menolak klaim Beijing. Penolakan ini juga merujuk pada Konvensi PBB tentang Hukum Laut, yang diratifikasi China.

“Moratorium penangkapan ikan sepihak RRT di Laut Cina Selatan tidak konsisten dengan putusan Pengadilan Arbitrase 2016. Hal ini juga tidak sesuai hukum internasional,” tulis juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price di Twitter, dikutip AFP.

Baca Juga : Dilarang Tangkap Ikan, Filipina Protes ke China

“Kami menyerukan RRT mematuhi kewajibannya berdasarkan hukum internasional,” tambahnya.

Filipina, sekutu Amerika Serikat yang terikat perjanjian, pada hari Selasa memanggil seorang diplomat China atas pengumuman larangan penangkapan ikan sepihak serta dugaan pelecehan terhadap kapal penelitian kelautan oleh kapal penjaga pantai China.

China setiap tahun mendeklarasikan larangan penangkapan ikan di musim panas, menunjuk pada kebutuhan untuk mengembangkan kehidupan laut yang berkelanjutan karena penangkapan ikan yang berlebihan di pusat populasi utama.

Tetapi tindakannya telah terperangkap dalam perselisihan kedaulatan, dengan Beijing bersikeras memiliki yurisdiksi atas sebagian besar Laut Cina Selatan.

Artikel Terkait