Soal Penembakan Abe, Menlu Retno Kirim Doa

Forumterkininews.id, Bali –  Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyampaikan rasa simpati mendalam atas tragedi  penembakan yang menimpa mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe.

Hal itu disampaikan Menlu Retno kepada Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi, ketika memimpin sesi pertama Pertemuan Menlu G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7).

Mewakili para menlu G20 yang hadir, Retno menyatakan turut mendoakan pemulihan dan kesembuhan Shinzo Abe.

“Menlu RI menyampaikan, saat ini mengetahui Shinzo Abe dalam kondisi terluka dan berada dalam penanganan intensif,” tulis Kementerian Luar Negeri melalui akun Twitter resminya.

Sebelumnya,  Shinzo Abe tidak sadarkan diri usai ditembak seorang pria ketika dia tengah berkampanye di Prefektur Nara, Jumat siang waktu setempat. Abe terluka di dada dan tenggorokan. Detak jantungnya juga dikabarkan berhenti. Ia langsung dibawa ke salah satu rumah sakit di Nara dengan helikopter, dan diterbangkan lagi ke Tokyo.

Pelaku yang bernama Yamagami Tetsuya (41) diketahui merupakan mantan Marinir Angkatan Laut dan pasukan bela diri Jepang hingga 2005. Dalam aksinya ia diduga menggunakan senjata rakitannya sendiri.

Alasan ia menembak Abe lantaran kecewa dengan kepemimpinan Abe semasa masih menjabat Perdana Menteri. Ia bahkan mengatakan ingin membunuh Abe sejak lama.

Artikel Terkait