Sosok Guru Gembul yang Viral Usai Hadiri Diskusi Bahas Nasab Ba’alawi

FT News – Guru Gembul menjadi viral usai menghadiri diskusi yang membahas nasab Ba’alawi di Jakarta.

Rabithah Alawiyah menggelar diskusi ini selama dua hari mulai Sabtu (7/9/2024) dan Minggu (8/9/2024). Acara diskusi membahas tema ‘Membedah Tulisan yang Membatalkan Nasab Ba’alawi’.

Nasab Ba’alawi adalah nasab yang diklaim sebagai keturunan Sayyid Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidhi yang tersambung hingga kepada Rasulullah SAW.

Namun, klaim ini masih menjadi perdebatan karena tidak adanya sumber kitab sezaman yang mencatat Ubaidillah sebagai anak Ahmad bin Isa.

Dari sejumlah tamu undangan yang mempertanyakan nasab Ba’alawi seperti pendiri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kiai Imaduddin Utsman al Bantani, raja dangdut Rhoma Irama, dan pendakwah Mama Gufron tak terlihat hadir.

Padahal, penyelenggara acara telah menyiapkan sesi tersendiri dan waktu diskusi bagi kelompok yang selama kontra. Hanya, Guru Gembul yang hadir seorang diri dan kemudian menyampaikan argumen dalam diskusi.

Kedatangannya seorang diri menghadiri diskusi kemudian menjadi pembicaraan luas dan trending di media sosial.

Guru Gembul ketika menghadiri diskusi. Ist

Lantas, siapa sosok Guru Gembul yang menjadi viral usai hadiri diskusi bahas nasab Ba’alawi. Berikut ulasannya.

Sosok Guru Gembul

Guru Gembul adalah seorang aktivis, kritikus, guru, dan pembuat konten asal Indonesia yang dikenal dengan konten ilmiah dan filsafat sosialnya.

Identitas dan Profil

  • Nama Asli: Identitas aslinya masih misterius, tetapi diduga bernama asli “Johan Riyadi” atau “Jafar Rohadi”.
  • Profesi: Guru Gembul berprofesi sebagai seorang guru di salah satu sekolah di Bandung, Jawa Barat. Selain itu, ia juga aktif sebagai YouTuber dan influencer.
  • Kanal YouTube: Ia memiliki kanal YouTube yang sangat populer dengan lebih dari 1,29 juta pelanggan dan telah ditonton lebih dari 236 juta kali[2].
BACA JUGA:   Polda Jabar Amankan Siskaeee di Stasiun Bandung

Aktivitas dan Konten

  • Konten: Guru Gembul membuat video pembahasan mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat sosial, dan teori konspirasi. Pemikirannya tentang Islam moderat dan kritiknya terhadap komunitas-komunitas keagamaan di Indonesia membuat kontennya cukup diminati di Indonesia.
  • Kritik Pendidikan: Ia dikenal dengan kritiknya terhadap sistem pendidikan di Indonesia, yang seringkali menjadi perdebatan kontroversial.

Ciri Khas dan Sapaan

  • Peci Hitam: Guru Gembul memiliki ciri khas memakai peci hitam dalam kontennya.
  • Sapaan Baraya: Ia menyapa pengikutnya dengan sapaan ‘baraya’, yang berarti ‘saudara’ dalam bahasa Sunda.
Guru Gembul bersama dengan komika Abdur Rahman. Ist
Kontroversi

Guru Gembul seringkali memberikan pernyataan menohok seputar fenomena yang terjadi di Indonesia. Salah satu kontennya yang viral adalah ketika membahas konten pemersatu bangsa dan menyebut orang Indonesia munafik karena berbagai hal dikaitkan dengan agama.

Ia juga melontarkan kritik Terhadap Habib Bahar bin Smith. Guru Gembul menilai Bahar bin Smith sebagai ulama gadungan karena gemar flexing dan pamer kekayaan, serta kemampuan membaca kitab kuning yang dianggap tidak memadai.

Oleh karenanya, Guru Gembul merupakan sosok yang kontroversial karena berani menyampaikan opini yang mungkin menyinggung orang lain, tetapi juga disukai karena opini yang terstruktur dan didukung dengan banyak data dan studi.

 

Artikel Terkait