Sowan ke Vatikan, PM Ukraina Curhat ke Paus Fransiskus

Forumterkininews.id, Vatikan – Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal pada Kamis (27/4) meminta bantuan Paus Fransiskus untuk mengembalikan anak-anak yang dibawa secara paksa ke Rusia. Ia juga mengundang Paus datang ke Ukraina

“Saya mengundang Yang Mulia untuk mengunjungi Ukraina secara pribadi,” kata Shmyhal kepada wartawan di Roma beberapa jam setelah audiensi kepausan.

Dia mengatakan telah berdiskusi dengan Paus tentang rencana perdamaian yang diusulkan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk mengakhiri perang yang dipicu oleh invasi Rusia tahun lalu.

Baca Juga : Paus Fransiskus Minta Perang Dihentikan

Termasuk katanya, membahas sedikit lebih detail langkah-langkah berbeda yang dapat diambil Vatikan untuk membantu Kiev  mencapai tujuannya.

“Misalnya, saya meminta partisipasi, bantuan dari Vatikan, dari Yang Mulia, untuk mengembalikan anak-anak ke Ukraina, beberapa di antaranya yatim piatu, yang dibawa pergi secara paksa, terutama ke Rusia.”imbuhnya dikutip Reuters.

Seperti diketahui, lebih dari 16.000 anak Ukraina telah dideportasi ke Rusia sejak invasi Februari 2022, menurut Kiev, dengan banyak yang diduga ditempatkan di institusi dan panti asuhan.

Rusia membantah tuduhan itu, dengan mengatakan sebaliknya telah menyelamatkan anak-anak Ukraina dari kengerian perang.

Artikel Terkait