Sulit Bangkitkan Barcelona Buat Xavi Hernandes Dipecat

FTNews – Era kejayaan tim raksasa Spanyol, Barcelona FC sudah tidak sekuat dahulu. Hal ini membuat pelatih Xavi Hernandes dipecat dari klub.

Pemecatan tersebut juga banyak yang mengaitkan dengan kritik pedas legenda Barca tersebut. Xavi sangat mengkritik masalah finansial yang tidak kunjung membaik pada klubnya.

“Mereka harus tahu bahwa mereka menghadapi situasi yang sulit, karena Barca adalah klub yang kesusahan dengan kondisi keuangan yang buruk. Itu tidak akan mudah sama sekali,” ujarnya dalam AFP.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandes. (Foto: Instagram/Xavi)

Banyak yang mengatakan bahwa hubungan antara pelatih Barca tersebut dengan Presiden Barcelona, Laporta kian memburuk. Sehingga harus membuat masa kepelatihan bersama klub kasta tertinggi LaLiga tersebut berhenti.

“Presiden FC Barcelona Joan Laporta memberi tahu Xavi Hernández pagi ini bahwa dia tidak akan melanjutkan jabatan manajer untuk musim 2024-25,” tulis keterangan klub Barca tersebut.

Walaupun begitu, hal ini tetap menjadi sebuah kehormatan bagi mantan pemain timnas Spanyol itu. “Teman-teman terkasih, hari Minggu panggung saya di bangku cadangan Barca akan berakhir. Tidak pernah mudah untuk meninggalkan klub dalam hidup Anda, tapi saya sangat bangga, setelah dua setengah tahun memimpin ruang ganti yang sudah seperti keluarga kedua,” ungkapnya.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandes. (Foto: Instagram/Xavi)

Kita perlu ketahui bahwa pembawaan Xavi terhadap klub yang menjadi El Clasico Real Madrid ini tidak buruk. Dengan keuangan yang tidak begitu baik, serta awal kepelatihan nya.

Legenda Spanyol ini membawa Barca dari peringkat ke sembilan, menuju peringkat ke dua dalam LaLiga. Angka tersebut bahkan hanya berbeda 10 poin dari sang juara utama Real Madrid.

“Bekerja dengan sekelompok pemain hebat dan staf yang luar biasa. Terima kasih kepada mereka semua, kami telah mencapai tujuan yang diusulkan, yang mencapai puncaknya tahun lalu dengan Liga dan Piala Super. Musim ini segalanya tidak berjalan sesuai keinginan, namun kami membiarkannya dan membantu menumbuhkan generasi baru pesepakbola muda La Masia yang menginspirasi seluruh fans Barcelona,” ungkap Xavi.

BACA JUGA:   Liga Champions: Napoli Berpeluang Lolos 8 Besar usai Gasak Eintracht 2-0

Amarah Fans Barcelona

Xavi bersama Laporte. (Foto: Instagram/Xavi)

Dari kejadian ini mengundang amarah fans Barcelona yang menganggap Laporte telah menghina dan memperlakukan Xavi tidak benar. Bahkan setiap postingan yang ada Presiden Barca tersebut, penuh dengan komentar negatif.

“Malu pada Laporta karena memperlakukan seorang legenda sedemikian rupa. Pertama Anda meyakinkan dia untuk tetap tinggal hanya untuk memecatnya nanti. Ini memilukan sebagai penggemar Barca,” ujar akun me**d*r.

Selain itu juga suporter yang memiliki julukan Cules itu sangat menyesal dengan tindakan Laporte. Mereka cukup mengaggumi sosok legenda Barca tersebut, dan sangat menyayangkan kepergiannya.

“Terima kasih Xavi, Anda adalah pahlawan Barcelona. Anda telah menyelamatkan Barca dari era kegelapan,” ungkap akun fa**el.

Artikel Terkait