SYL Mundur, Mensesneg Kasih Sinyal Bakal Ada Reshuffle

Forumterkininews.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo sepertinya kembali bakal lakukan reshuffle kabinet. Hal ini menyusul mundurnya Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian.

Hal tersebut seperti diungkapkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di kantornya, Jakarta, Kamis (5/10).

“Ya, konsekuensinya gitu (perombakan kabinet), gitu, ya,” kata Pratikno, diberitakan Antara.

Namun, Pratikno menegaskan bahwa segala tindak lanjut di Kabinet Indonesia Maju setelah pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo merupakan ranah keputusan Presiden Joko Widodo. Pratikno segera melaporkan ke Jokowi terkait surat pengunduran diri yang diserahkan Syahrul Yasin Limpo pada Kamis petang.

“Kan ini kan surat (pengunduran diri) aja baru kami terima, tentu saja saya akan melaporkan dulu ke Pak Presiden. Nanti, tindaklanjutnya kami kabarkan segera,” tambahnya.

Kamis petang, Pratikno menerima surat pengunduran diri dari Syahrul Yasin Limpo. Mantan gubernur Sulawesi Selatan itu pun meminta dijadwalkan menghadap langsung kepada Presiden Joko Widodo pada Jumat (6/10). Hal ini untuk menyampaikan pengunduran dirinya sebagai menteri pertanian.

“Beliau (Syahrul Yasin Limpo) minta waktu rencananya besok (Jumat) akan menghadap Pak Presiden, memohon waktu kepada Pak Presiden menghadap besok,” kata Pratikno.

Syahrul Yasin Limpo datang menemui Pratikno dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, pukul 17.20 WIB.

Syahrul tiba di Indonesia pada Rabu petang setelah dikabarkan “hilang kontak” di tengah pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementan.

Artikel Terkait

Thomas Djiwandono: Ekonomi 8 Persen Bukan Mimpi

FT News – Wakil Menteri Keuangan, Thomas Djiwandono mengatakan...

Sri Mulyani: per Agustus 2024 APBN Defisit Rp153,7 Triliun

FT News – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani melaporkan...

Menko Polhukam: Presiden Sudah Perintahkan Bentuk Angkatan Siber TNI

FT News – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan...

Prabowo Subianto Dipercaya Bisa Bawa Indonesia Jadi Negara Maju

FT News - Mensos Saifullah Yusuf menyampaikan penilian terhadap...