Tabrak Gedung Kaca, Ratusan Burung di Chicago Mati

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebuah fenomena yang mengejutkan terjadi di Chicago. Sebanyak 961 burung mati dalam sehari karena menabrak gedung McCormick Place Lakeside Center. Di mana bangunan tersebut berada di samping Danau Michigan, Chicago, Illinois, Amerika Serikat (AS).

Biasanya burung yang mati di tempat tersebut dalam semalam hanya 0-15 ekor saja.

Seorang pensiunan manajer lokasi di Chicago Field Museum, David Willard menyatakan bahwa jumlah burung yang mati karena menabrak bangunan tersebut biasanya hanya 0-15 ekor per malam.

Chicago merupakan kota yang menjadi jalur imigrasi burung yang cukup padat, karena hampir lebih dari 325 spesies burung setiap tahunnya. Namun sayangnya, Chicago juga dinobatkan sebagai salah satu kota yang paling mematikan bagi burung karena tingginya polusi cahaya.

Mengutip dari laman Bird Note, kebanyakan burung bermigrasi di malam hari dan mengandalkan bintang sebagai navigasinya. Pembangunan di Kota Chicago mengubah pola migrasi burung, yang tadinya mereka terbiasa bermigrasi lewat rute tersebut sejak bertahun-tahun kini dengan adanya cahaya buatan di gedung membuat burung kebingungan.

Karena burung tidak bisa mengidentifikasi kaca jendela sebagai benda padat, sehingga sekitar 365 juta hingga 1 miliar burung yang mati di AS setiap tahun. Oleh karena itu sebaiknya membangun bangunan yang “bird friendly” yang tidak sepenuhnya menggunakan material kaca.

Artikel Terkait