Tabrakan Maut Kereta di Yunani Akibat “Human Error”

Forumterkininews.id, Athena- Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyalahkan human error atau kesalahan manusia atas tabrakan antara dua kereta yang menewaskan sedikitnya 38 orang.

“Semuanya menunjukkan bahwa drama itu, sayangnya, terutama disebabkan oleh kesalahan manusia yang tragis,” kata Mitsotakis, dikutip Reuters.

Kecelakaan itu terjadi di luar pusat kota Larissa pada Selasa, (28/2)  malam, ketika sebuah kereta penumpang yang berangkat dari ibu kota, Athena, ke Thessaloniki bertabrakan dengan kereta kargo yang berangkat dari kota utara.

Beberapa gerbong penumpang meledak dalam kobaran api akibat benturan tersebut.

Operator kereta Hellenic Train melaporkan sekitar 350 orang berada di kereta penumpang, yang meninggalkan Athena pada pukul 19:22 waktu setempat.

Sedikitnya 66 orang terluka dalam kecelakaan itu, termasuk enam dalam perawatan intensif, sementara sekitar 250 penumpang, beberapa dengan luka ringan, dievakuasi dengan aman dengan bus ke Thessaloniki, sekitar 130 km (80 mil) jauhnya.

Sebelumnya, kantor Perdana Menteri Mitsotakis mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari.

Sementara itu, Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou mengatakan dia mempersingkat kunjungan ke Moldova untuk kembali ke Yunani.

“Sayangnya, saya harus mengganggu kunjungan saya agar dekat dengan rakyat saya, untuk mendukung mereka yang membutuhkannya,” katanya dalam konferensi pers bersama di ibu kota Moldova, Chisinau, bersama Presiden Moldova Maia Sandu.

Artikel Terkait