Tahun Depan, WNI Bisa Pakai QRIS di Singapura

Forumterkininews.id, Jakarta- Bank Indonesia mengatakan  bahwa warga negara Indonesia  akan mulai bisa bertransaksi di Singapura menggunakan kode Intercountry Quick Response Indonesia Standard (QRIS) pada 2023 mendatang.

Koneksi tersebut nantinya memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran retail secara instan, aman dan efisien dengan memindai QRIS Indonesia atau QR NETS Singapura yang ditampilkan oleh merchant.

“Dengan sistem pembayaran yang terintegrasi antara kedua negara, masyarakat di Indonesia dapat menggunakan sistem pembayaran digitalnya saat melakukan transaksi keuangan di Singapura dan sebaliknya,” kata Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, dikutip Xinhua, Rabu (31/8).

Baca Juga : Canggih! Kini WNI Bisa Pakai QRIS untuk Transaksi Pembayaran di Negara ASEAN

Hendarta mengatakan,  konektivitas pembayaran kode QR akan memberdayakan individu dan bisnis, terutama usaha kecil dan menengah untuk secara efisien melakukan perdagangan lintas batas, e-commerce, dan kegiatan keuangan lainnya. Serta  akan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata.

Kode QRIS Antar Negara Indonesia ini sendiri diluncurkan pada Senin (29/8).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut langkah mendorong digitalisasi pembayaran lintas negara menjadi agenda prioritas kepresidenan G20 tahun ini.

Ini juga merupakan bagian dari upaya mengatasi potensi hambatan dalam kegiatan pembayaran lintas batas dan mendukung pasca- pertumbuhan ekonomi pandemi.

Artikel Terkait