Tak Terima Dikecam, Korut Sebut Sekjen PBB “Boneka AS”

Forumterkininews.id, Pyongyang- Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui menyebut Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sebagai “boneka Amerika Serikat”. Hal itu usai Guterres mengecam uji coba rudal balistik antarbenua Korea Utara baru-baru ini.

“Saya sering menganggap sekretaris jenderal PBB sebagai anggota Gedung Putih AS atau Departemen Luar Negerinya,” kata Choe Son Hui dikutip AP, Senin (21/11).

Choe Son Hui dalam pernyataannya  juga mengungkap rasa penyesalan yang mendalam. Fakta bahwa Sekjen PBB telah mengambil sikap yang sangat tercela.

Dengan mengabaikan tujuan dan prinsip Piagam PBB dan misinya yang tepat yaitu menjaga ketidakberpihakan, objektivitas, dan kesetaraan dalam segala hal.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengeluarkan pernyataan yang mengutuk keras peluncuran ICBM Korea Utara pada hari Jumat.

Guterres juga mengulangi seruannya pada Korea Utara untuk segera berhenti mengambil tindakan provokatif lebih lanjut.

Pernyataan Guterres muncul setelah Amerika Serikat dan negara-negara lain mengeluarkan kritik serupa terhadap uji ICBM Korut yang menunjukkan potensi untuk menyerang di mana saja di benua AS.

Artikel Terkait