Taliban Buka Sekolah untuk Anak Perempuan

Forumterkininews.id, Kabul – Taliban akan membuka sekolah untuk anak-anak perempuan minggu depan. Artinya Taliban mengizinkan gadis-gadis di sekitar Afghanistan untuk kembali belajar di sekolah.

“Semua sekolah akan dibuka untuk semua anak laki-laki dan perempuan,” kata Aziz Ahmad Rayan, juru bicara Kementerian Pendidikan Taliban, dikutip Reuters.

Akan tetapi katanya, ada beberapa syarat untuk anak perempuan. Dimana mereka akan diajar secara terpisah dari laki-laki dan hanya oleh guru perempuan.

Di beberapa daerah pedesaan di mana ada kekurangan guru perempuan, dia mengatakan bahwa guru laki-laki yang lebih tua akan diizinkan untuk mengajar anak perempuan.

“Tidak ada sekolah yang tutup tahun ini. Kalau ada sekolah yang tutup, itu tanggung jawab Kemendikbud untuk membukanya,” tambah Rayan.

Mengizinkan anak dan remaja perempuan masuk ke sekolah dan perguruan tinggi telah menjadi salah satu tuntutan utama masyarakat internasional. Tuntutan ini ditujukan terhadap gerakan Islam garis keras. Pasalnya gerakan tersebut telah menggulingkan pemerintah yang didukung Barat Agustus lalu.

Sebagian besar negara sejauh ini menolak untuk secara resmi mengakui Taliban, di tengah kekhawatiran atas perlakuan mereka terhadap anak perempuan.

Artikel Terkait