Taliban Cambuk 12 Orang di Tengah Stadion Afghanistan

Forumterkininews.id, Kabul-  Taliban memberi hukuman cambuk untuk tiga wanita dan sembilan pria. Hukuman diberikan di depan ratusan penonton di stadion olahraga Logar, Afghanistan pada Rabu, (23/11).

Kantor gubernur provinsi Logar, di selatan ibu kota Kabul, mengundang para ulama, mujahidin, sesepuh, pemimpin suku, dan masyarakat setempat. Mereka diundang ke stadion di kota Pul Alam di Logar untuk menyaksikan hukuman itu.

Melansir Aljazeera, pejabat setempat mengatakan mereka yang dihukum masing-masing menerima antara 21 dan 39 cambukan, setelah dinyatakan bersalah di pengadilan setempat atas pencurian dan perzinahan.

Pejabat itu mengatakan ratusan orang menghadiri hukuman cambuk dengan larangan untuk mengambil foto dan video diberlakukan.

Pencambukan publik seperti itu, serta eksekusi publik dan rajam untuk kejahatan, adalah hal biasa selama periode pertama pemerintahan Taliban. Dari tahun 1996 hingga 2001 ketika para militan diusir dalam invasi pimpinan AS.

Setelah pemberontakan selama 20 tahun, Taliban kembali berkuasa pada Agustus 2021. Bertepatan dengan penarikan pasukan AS dan asing lainnya dari negara itu.

Pencambukan publik pertama yang dikonfirmasi sejak pengambilalihan Taliban tahun lalu terjadi pada 11 November, ketika 19 pria dan wanita menerima 39 cambukan masing-masing karena dugaan pencurian, perzinahan dan melarikan diri dari rumah.

 

Dimulainya kembali praktik tersebut menggarisbawahi niat Taliban untuk tetap berpegang pada interpretasi ketat mereka terhadap hukum Islam, atau Syariah.

Artikel Terkait