Taliban Larang Perempuan Afghanistan Masuk Universitas

Forumterkininews.id, Kabul- Kementerian pendidikan tinggi Afghanistan yang dikelola Taliban mengatakan bahwa siswa perempuan tidak akan diizinkan mengakses universitas negara itu sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Melansir AlJazeera, sebuah surat yang dikonfirmasi oleh juru bicara kementerian pendidikan tinggi pada hari Selasa, (20/12), menginstruksikan universitas negeri dan swasta Afghanistan untuk segera menangguhkan akses ke siswa perempuan, sesuai dengan keputusan Kabinet.

“Anda semua diinformasikan untuk segera melaksanakan perintah penangguhan pendidikan perempuan tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata surat itu yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Tinggi, Neda Mohammad Nadeem.

Pembatasan terbaru Taliban pada pendidikan perempuan kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran di komunitas internasional.

Juru bicara kementerian, Ziaullah Hashimi, yang men-tweet surat tersebut, mengkonfirmasi perintah tersebut ke beberapa kantor berita termasuk AFP dan Associated Press.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric menggambarkan langkah itu sebagai hal yang mengganggu.

“Ini jelas melanggar janji lain dari Taliban. Kami telah melihat sejak pengambilalihan mereka,  berkurangnya ruang bagi perempuan, tidak hanya dalam pendidikan, tetapi juga akses ke area publik,” katanya.

Pengumuman itu dikeluarkan saat Dewan Keamanan PBB bertemu di New York mengenai Afghanistan. Utusan PBB Amerika Serikat dan Inggris sama-sama mengutuk langkah tersebut selama pertemuan dewan.

“Taliban tidak dapat berharap untuk menjadi anggota yang sah dari komunitas internasional sampai mereka menghormati hak semua warga Afghanistan, terutama hak asasi manusia dan kebebasan dasar perempuan dan anak perempuan,” kata Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood.

Artikel Terkait