Taliban Larang Perempuan Naik Pesawat Sendirian

Forumterkininews.id, Kabul- Taliban telah memberikan mandat pada maskapai penerbangan di Afghanistan bahwa perempuan tidak dapat melakukan penerbangan domestik atau internasional tanpa pendamping laki-laki.

Melansir Reuters, Senin (27/3), langkah itu dilakukan setelah Taliban mundur dari komitmen sebelumnya untuk membuka sekolah menengah bagi anak perempuan.

Pembatalan membuka sekolah menengah bagi anak perempuan itu merupakan sebuah perubahan yang mengejutkan banyak warga Afghanistan dan menuai kecaman dari lembaga kemanusiaan dan pemerintah asing.

Sumber yang tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan, mengatakan bahwa Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan mengirim surat kepada maskapai penerbangan pada hari Sabtu yang memberi tahu mereka tentang pembatasan baru.

Mereka menambahkan bahwa wanita tanpa pendamping yang telah memesan tiket akan diizinkan melakukan perjalanan pada hari Minggu dan Senin.

Beberapa wanita dengan tiket telah ditolak di bandara Kabul pada hari Sabtu.

Sementara itu, seorang juru bicara pemerintah Taliban sebelumnya mengatakan bahwa perempuan yang bepergian ke luar negeri untuk belajar harus ditemani oleh kerabat laki-laki.

Artikel Terkait