Taliban Larang Wanita Tampil di Drama TV Afghanistan

Forumterkininews.id, Kabul- Pemerintah Taliban melarang wanita untuk tampil dalam drama televisi Afghanistan. Ini merupakan salah satu aturan baru sejak Taliban resmi menduduki Afghanistan.

Melansir BBC, Senin (22/11), wartawan dan presenter wanita yang tampil di layar juga  telah diperintahkan untuk mengenakan jilbab. Sedangkan saluran televisi Afghanistan kebanyakan menayangkan drama asing dengan pemeran utama wanita.

Serangkaian aturan terbaru yang dibuat Taliban untuk saluran televisi Afghanistan, menampilkan delapan aturan baru. Termasuk pelarangan film yang dianggap bertentangan dengan prinsip Syariah atau hukum Islam dan nilai-nilai Afghanistan.

Pertunjukan komedi dan hiburan yang menghina agama atau mungkin dianggap menyinggung warga Afghanistan juga dilarang. Taliban juga bersikeras bahwa film asing yang mempromosikan nilai-nilai budaya asing tidak boleh disiarkan.

Keputusan Taliban sebelumnya untuk memerintahkan anak perempuan untuk tinggal di rumah dan tidak sekolah, membuat Afghanistan menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang separuh penduduknya mendapatkan pendidikan.

Walikota Kabul, juga mengatakan kepada pegawai kotamadya wanita untuk tinggal di rumah kecuali pekerjaan mereka tidak dapat diisi oleh seorang pria.

Taliban mengklaim bahwa pembatasan mereka terhadap perempuan yang bekerja dan anak perempuan yang belajar hanya berlaku untuk memastikan semua tempat kerja dan lingkungan belajar aman bagi mereka.

Artikel Terkait