Tedros Adhanom Terpilih Lagi sebagai Kepala WHO

Forumterkininews.id, Jenewa- Tedros Adhanom Ghebreyesus kembali terpilih sebagai Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk lima tahun lagi, Selasa, (24/5).

Pemungutan suara yang berlangsung saat pertemuan tahunan besar itu, dipandang sebagai formalitas karena Tedros adalah satu-satunya kandidat yang mencalonkan diri .

Berbicara kepada majelis segera setelah pemilihannya kembali, Tedros mengatakan fokus WHO adalah pada kesiapsiagaan darurat dan peningkatan badan tersebut.

“Pandemi ini sangat belum pernah terjadi sebelumnya dan banyak pelajaran yang harus kita pelajari dan kita pelajari. Tapi, pada saat yang sama kita tidak bisa hanya berhenti sejenak, belajar dan mengimplementasikan,” katanya, mengutip CNA.

Ia bahkan menangis ketika berbicara tentang krisis Ukraina saat ini dan kematian adik laki-lakinya karena penyakit masa kanak-kanak di tengah perang dan kemiskinan beberapa dekade lalu.

“Ketika saya mengunjungi Ukraina ketika saya melihat terutama anak-anak. Itu adalah gambar dari lebih dari 50 tahun lalu yang muncul di pikiran saya, sangat terlihat, sangat mengganggu. Bau, suara, dan gambar perang.”ungkapnya.

Beberapa negara termasuk Jerman dan Amerika Serikat dengan cepat juga memberikan ucapan selamat kepada Tedros.

Namun, pencalonan kedua Tedros tidak mendapat dukungan dari negara asalnya Ethiopia karena gesekan atas konflik Tigray. Utusan Ethiopia untuk majelis memperjelas bahwa pernyataan Botswana yang memberi selamat kepada Tedros tidak mewakili 47 negara dari kelompok Afrika.

Artikel Terkait