Tegang! Rusia Cegat Pesawat Angkatan Laut AS di Laut Mediterania

Forumterkininews.id, Washington- Tiga pesawat Angkatan Laut AS dicegat oleh pesawat Rusia di atas Laut Mediterania akhir pekan lalu, pihak Pentagon mengungkapkan, Rabu (16/2).

“Meskipun tidak ada yang terluka, interaksi seperti ini dapat mengakibatkan salah perhitungan dan kesalahan yang mengarah pada hasil yang lebih berbahaya,” kata Kapten Angkatan Laut AS Mike Kafka dalam sebuah pernyataan dikutip AFP.

Kafka mengatakan, tiga pesawat patroli dan pengintai maritim P-8A milik Pentagon mengalami penyadapan tidak profesional oleh pesawat Rusia saat terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania.

Baca Juga : Presiden AS Minta Rusia Mundur dari Ukraina

“AS akan terus beroperasi dengan aman, profesional, dan konsisten dengan hukum internasional di perairan dan wilayah udara internasional. Kami berharap Rusia melakukan hal yang sama,”tandas Kafka.

Menurut seorang pejabat AS, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, salah satu pesawat Rusia datang sangat dekat dengan pesawat AS.

Insiden itu terjadi di tengah ketegangan yang meningkat atas pembangunan besar pasukan militer Rusia di sepanjang perbatasan dengan Ukraina.

Pengerahan pasukan, rudal, dan kapal perang Rusia di sekitar Ukraina digambarkan sebagai krisis keamanan terburuk di Eropa sejak Perang Dingin.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...