Tegas! PM Malaysia Tak akan Beri Jaminan Hukum ke Siapa Pun

Forumterkininews.id, Kuala Lumpur- Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan bahwa dia tidak pernah memberikan jaminan kepada siapa pun untuk membantu kasus pengadilan mereka.

“Saya tidak pernah memberikan jaminan kepada siapa pun yang menyatakan akan dibebaskan dari hukuman. Kecuali ada putusan bebas dari hakim secara adil,” katanya dalam acara di rumah dinasnya, Minggu (11/12) dikutip Reuters,

Anwar mengatakan bahwa lembaga penegak hukum di Malaysia akan memiliki kebebasan penuh untuk menjalankan tugasnya. Dia menambahkan akan memastikan entitas seperti Kejaksaan Agung dan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) selalu transparan dalam menjalankan tugasnya, selain tidak ada yang bisa lolos dari hukuman yang dijatuhkan pengadilan.

Anwar juga menyatakan keyakinannya bahwa dia bisa membebaskan negara dari korupsi. Dia memperingatkan para menteri Kabinetnya bahwa siapa pun yang terlibat dalam penyuapan atau penyalahgunaan kekuasaan akan segera dikeluarkan.

“Saya telah memberi tahu para menteri Kabinet yang telah saya pilih, tidak boleh ada korupsi. Saya juga telah menginformasikan kepada semua pimpinan  partai, jika ada menteri yang terlibat dalam korupsi, saya segera memecat mereka,” tandasnya.

Artikel Terkait