Terekam CCTV, Detik-detik Rudal Rusia Hantam Pusat Perbelanjaan di Ukraina

Forumterkininews.id, Kiev- Detik-detik saat dua rudal Rusia menghantam kota Kremenchuk di Ukraina pada Senin (27/6) yang  menghancurkan pusat perbelanjaan dan menewaskan sedikitnya 18 warga sipil terekam kamera pengawas (CCTV).

Melansir DailyMail, CCTV yang direkam di sebuah taman lokal sekitar pukul 4 sore pada hari Senin  menunjukkan warga sipil berlarian mencari perlindungan setelah rudal pertama meledakkan pusat perbelanjaan Amstor sebelum dan yang kedua menyerang pabrik,  meledak dengan bola api dan gelombang kejut yang mengirimkan puing-puing terbang ke danau terdekat.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan gumpalan asap hitam raksasa dari sebuah pusat perbelanjaan dilalap api, ketika kru darurat bergegas masuk untuk mengevakuasi para korban.

Ukraina menuduh Rusia sengaja menargetkan pusat perbelanjaan, dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan itu dilakukan oleh teroris yang benar-benar gila yang seharusnya tidak memiliki tempat di Bumi.

Dalam postingan Telegramnya, Zelenskyy juga menyebut  bahwa jumlah korban ‘tidak terbayangkan’, mengutip laporan bahwa lebih dari 1.000 warga sipil berada di dalam Mal pada saat serangan itu.

“Serangan Rusia hari ini di pusat perbelanjaan di Kremenchuk adalah salah satu aksi teroris paling berani dalam sejarah Eropa,” katanya dalam siaran malam yang diposting di Telegram.

Konflik di Ukraina telah menambah kenaikan biaya hidup dengan memperburuk turbulensi harga energi internasional dan menyebabkan kekurangan pangan karena pasokan biji-bijian dicegah meninggalkan pelabuhan negara itu oleh armada Laut Hitam Rusia.

 

Artikel Terkait