Teror Penembakan Kembali Terjadi di Eropa, Kali Ini Sasar Kopenhagen, Denmark

Forumterkininews.id, Kopenhagen -  Sejumlah orang tewas dalam insiden  penembakan di sebuah pusat perbelanjaan di Kopenhagen, Denmark, Minggu (3/7).

Kepolisian Denmark menyebutkan, pihaknya telah menangkap seorang pria Denmark berusia 22 tahun dan tidak dapat mengesampingkan penembakan itu sebagai tindakan terorisme.

Serangan itu mengguncang Denmark pada akhir pekan yang menyenangkan,  tepat setelah negara itu menjadi tuan rumah tiga tahap pertama dari balap sepeda Tour de France. Ribuan orang Denmark bersorak di jalan-jalan di seluruh negeri selama ajang balap sepeda itu.

Kepolisian Kopenhagen juga mengatakan petugas bersenjata dikirim ke mal Field di ibu kota pada Minggu sore setelah menerima laporan penembakan itu.

Polisi melancarkan pencarian besar-besaran di seluruh daerah Selandia pada Minggu pagi, kata Inspektur Kepala Kepolisian Soren Thomassen kepada wartawan. Dirinya memastikan tidak ada indikasi awal bahwa ada penembak lain.

“Ibu kota kami yang indah dan biasanya begitu aman berubah dalam hitungan detik. Saya ingin mendorong Denmark untuk berdiri bersama dan saling mendukung di masa sulit ini.” tambahnya.

Tabloid Denmark BT menerbitkan rekaman video, yang tidak diverifikasi. Dalam video tersebut diperlihatkan seorang pria dengan senapan besar berjalan melalui mal dan menyandang senjata itu di bahunya.

“Dia terlihat agresif dan meneriakkan kata-kata tak dikenal,” kata Al-wazni kepada BT.

Rekaman yang diterbitkan oleh tabloid Ekstra Bladet menunjukkan satu orang dibawa dengan tandu oleh petugas penyelamat ke ambulans.

“Orang-orang pertama mengira itu pencuri. Kemudian saya tiba-tiba mendengar tembakan dan sembunyi ke belakang meja di dalam toko,” seorang saksi mata, Rikke Levandovski, mengatakan kepada penyiar TV2.

“Dia menembak hanya ke arah kerumunan, bukan ke langit-langit atau ke lantai,” tambahnya.

BACA JUGA:   Terjadi di Mesir, Pendeta Tewas Ditikam Saat Jalan Kaki

Pusat perbelanjaan bertingkat itu terletak sekitar lima kilometer di selatan pusat kota Kopenhagen. Serangan itu muncul setelah penembakan mematikan di negara tetangga, Norwegia, terjadi pekan lalu. Dalam peristiwa itu, dua orang tewas oleh seorang penembak tunggal di ibu kota Norwegia, Oslo.

Artikel Terkait