Terpilihnya Sunak, Jadi Kado HUT India dan Perayaan Diwali

Forumterkininews.id, New Delhi- Terpilihnya Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri baru Inggris rupanya membawa kesan tersendiri bagi negara asalnya, India.

Melansir Reuters, beberapa orang mengatakan di media sosial bahwa terlilihnya Sunak tahun ini akan menjadi lebih istimewa. Pasalnya, India baru-baru ini merayakan 75 tahun kemerdekaannya dari pemerintahan kolonial Inggris.

Dan hari kemenangannya itu pun bertepatan dengan festival akbar Umat Hindu India, Diwali yang berlangsung pada Senin, (24 Oktober).

Kemenangan Sunak dalam pemilihan juga menjadi berita besar di India bahkan memenuhi kolom-kolom headline di hampir seluruh surat kabar India.

Baca Juga : Rishi Sunak Terpilih jadi Perdana Menteri Inggris

Tak hanya itu, bahkan Sunak  serta perusahaan perangkat lunak India Infosys, yang didirikan oleh ayah mertuanya. Selain itu, dia juga menjadi trending di Twitter di India setelah terpilih sebagai pemimpin partainya.

Perdana Menteri India, Narendra Modi menyebut terpilihnya Sunak sebagai jembatan antara India dan Inggris.

“Ketika Anda menjadi PM Inggris, saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam isu-isu global, dan menerapkan Roadmap 2030,” kata Modi, merujuk pada rencana untuk meningkatkan perdagangan dan hubungan lain antar negara.

“Keinginan khusus Diwali untuk ‘jembatan hidup’ orang India- Inggris, saat kami mengubah ikatan bersejarah kami menjadi kemitraan modern.”papar Modi.

Sebelumnya, Sunak resmi memenangkan pemilihan di Parlemen Inggris. Dia terpilih usai mengalahkan saingannya Penny Mourdant dan eks PM Inggris Boris Johnson yang memilih mundur dari pemilihan.

 

Artikel Terkait