Thailand Laporkan Kematian Pertama Akibat Omicron

Forumterkininews.id, Bangkok– Thailand melaporkan kasus kematian pertama akibat virus corona varian Omicron, Minggu (16/1). Kematian itu diidentifikasi pada seorang wanita berusia 86 tahun dari provinsi selatan Songkhla. Kasus ini terjadi setelah Thailand mendeteksi kasus Omicron pertamanya bulan lalu.

“Wanita itu adalah pasien Alzheimer yang terbaring di tempat tidur,” kata juru bicara kementerian kesehatan Thailand Rungrueng Kitphati, dikutip  Reuters.

Sejauh ini Thailand telah melaporkan lebih dari 10.000 kasus Omicron. Selain itu, negri Gajah Putih itu juga melaporkan 8.077 infeksi baru dan sembilan kematian pada hari Minggu.

Hal ini menjadikan lebih dari 2,3 juta kasus dan hampir 22.000 kematian sejak pandemi dimulai pada 2020.

Thailand adalah negara pertama di luar China yang melaporkan kasus virus corona baru pada Januari tahun lalu. Pada pertengahan Desember, Thailand hanya mencatat 4.246 infeksi dalam populasinya yang berjumlah hampir 70 juta orang.

Namun, pada 20 Desember terjadi lonjakan jumlah kasus baru di Thailand sebanyak 576 kasus, naik dari hanya 34 kasus pada hari sebelumnya.

Dalam waktu lebih dari dua minggu, jumlah total kasus telah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 9.331 minggu ini, dengan rekor jumlah tertinggi harian sebesar 745 kasus pada hari Senin (4/1).

Artikel Terkait