Tiba di Jeddah, 557 WNI Evakuasi Sudan Disambut Dubes

Forumterkininews.id, Jeddah – Ratusan warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Sudan telah tiba di Pelabuhan Militer, Jeddah, Arab Saudi. Kedatangan mereka langsung disambut Dubes RI untuk Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri telah evakuasi 557 WNI dari Sudan. Jumlah itu lebih banyak dari sebelumnya yakni 542 orang.

Evakuasi gelombang pertama WNI Sudan ini terdiri dari 322 WNI laki-laki, 199 perempuan, dan 36 anak-anak.

Baca Juga: Evakuasi WNI, Kemlu: 542 Orang dalam Perjalanan Menuju Jeddah

Para WNI tersebut diberangkatkan dari Port Sudan sehari sebelumnya dan memasuki wilayah Arab Saudi melalui Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah, pada Rabu (26/4) 09.00 waktu setempat.

Dubes Aziz menyalami sambil memberikan bunga kepada ratusan WNI yang turun dari kapal MV Amanah.

“Selamat datang di Arab Saudi! Pelindungan WNI merupakan prioritas bagi Pemerintah dan Perwakilan RI di Luar Negeri,” ujar Dubes Aziz kepada media yang meliput di Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah.

“Kami berterima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi yang telah memfasilitasi evakuasi WNI dari Sudan. Ini merupakan bukti hubungan dan kerja sama yang sangat baik antara Indonesia-Arab Saudi,” tambahnya

Setelah turun dari Kapal, ratusan WNI dijemput oleh bus yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi menuju ke imigrasi di Pelabuhan Militer Jeddah.

Setelah proses imigrasi selesai, ratusan WNI berpindah ke bus yang disediakan oleh Perwakilan RI menuju ke penginapan sementara di Jeddah.

“Kami bangsa Indonesia berterima kasih sekali kepada Pemerintah Indonesia yang telah mengevakuasi kami dengan bagusnya dari Sudan. Bravo!” ujar salah satu WNI yang bekerja di Sudan.

Artikel Terkait